Jumat, 09 Desember 2016

iklan peduli lingkungan

Iklan adalah bagian dari bauran promosi dan bauran promosi adalah bagian dari  bauran pemasaran. Jadi secara sederhana  iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan  suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat  lewat suatu media.
Definisi standar dari periklanan  biasanya mengandung enam elemen :
  1. Periklanan adalah bentuk komunikasi yang dibayar, walaupun beberapa bentuk periklanan seperti iklan layanan masyarakat, biasanya menggunakan ruang khusus yang gratis.
  2. Selain pesan yang harus disampaikan harus dibayar, dalam iklan juga terjadi proses identifikasi sponsor. Iklan bukan hanya menampilkan pesan mengenai kehebatan produk yang ditawarkan, tapi juga sekaligus menyampaikan pesan agar konsumen sadar mengenai perusahaan yang memproduksi produk yang ditawarkan.
  3. Upaya membujuk dan mempengaruhi konsumen.
  4. Periklanan memerlukan elemen media massa sebagai media penyampai pesan  kepada audiens sasaran.
  5. Periklanan mempunyai sifat bukan pribadi
  6. Periklanan adalah audiens. Dalam iklan harus jelas ditentukan kelompok konsumen yang jadi sasaran pesan.   
    
Secara sederhana iklan didefinisikan sebagai ”Pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media”. Pada dasarnya, satu-satunya tujuan periklanan adalah menjual suatu produk, jasa atau ide atau tujuan sebenarnya adalah komunikasi yang efektif, yakni dimana efek akhir periklanan adalah mengubah sikap atau perilaku penerima pesan.
    
Dalam periklanan, pesan yang disampaikan secara cepat kepada konsumen atau khalayak yang luas dan tersebar, dimana pesan yang disampaikan melalui media elektronik (radio, TV) dan media cetak (surat kabar, majalah), karena media faktanya muncul untuk meyakinkan tingkah laku, nilai dan maksud pengirim adalah kepentingan lebih besar dari pada penerima. Dalam komunikasi massa, komunikasi yang terjadi adalah satu arah, dalam hal ini dari produsen ke konsumen. Produsen atau pengiklan seringkali merubah paradigma lama dan menepatkan calon konsumen kedalam subjek, bukan objek, padahal sebenarnya iklan di buat untuk kepentingan produsen, namun seolah-olah dibalik bahwa iklan itu dibuat untuk kepentingan konsumen.
    

Iklan sebaiknya dirancang untuk mencapai sasaran spesifik dari perusahaan, walaupun tujuan akhir dari program periklanan adalah untuk mendorong terjadi keputusan pembelian oleh konsumen. Sasaran periklanan  bisa  ditentukan berdasarkan klarifikasi apakah tujuan periklanan bermaksud menginformasikan, membujuk atau mengingatkan saja.    
  • Iklan informatif.  Ini berarti perusahaan harus merancang iklan sedemikian rupa agar hal-hal penting mengenai produk bisa disampaikan dalam pesan iklan. Iklan yang menonjolkan aspek manfaat produk biasanya dikategorikan sebagai iklan yang bersifat informatif.
  • Iklan membujuk. Periklanan ini biasanya membujuk konsumen dan berperan penting bagi perusahaan dengan tingkat persaingan tinggi. Dimana Perusahaan mencoba menyakinkan konsumen bahwa merek yang ditawarkan adalah pilihan yang tepat. Iklan yang membujuk  biasanya dituangkan dalam pesan-pesan iklan perbandingan. Perusahaan berusaha membandingkan kelebihan produk yang ditawarkan dengan produk lain yang sejenis.
  • Iklan mengingatkan. Biasanya iklan mengingat digunakan untuk mengingatkan produk-produk yang sudah mapan. Banyak produk-produk yang dulu mapan dan menguasai pasar kini hilang karena tidak adanya iklan yang bersifat mengingatkan.
        

Adapun dari iklan yang saya buat ini, merupakan iklan informatif, membujuk, dan juga mengingatkan sekaligus.
1.      Tulisan “BUANGLAH SAMPAH DI TEMPATNYA” yang bermaksud untuk memberikan informasi tentang membuang sampah di tempat sampah serta membujuk serta mengingatkan pula kepada pembaca untuk melakukan hal yang diperintahkan dalam iklan tersebut.
2.      Gambar pohon memberikan penggambaran sebagai sumber oksigen yang berarti sumber kehidupan yang harus di lestarikan untuk menunjang kehidupan di masa yang mendatang.
3.      Terdapat sampah di bawah tanah ini menjelaskan bahwa sampah dapat merusak lingkungan walau sudah berada dibawah tanah sekalipun, jadi harus di lakukan penanganan yang lebih yaitu membuang sampah pada tempat sampah, agar lingkungan tetap terjaga dan indah di pandang.
4.      Terdapat tempat sampah yang terisi sampah ini menjelaskan bahwa tempat sampahlah tempat terbaik untuk membuang segala bentuk sampah agar lebih indah lingkungannya. Terlihat di gamabar iklan lebih sehat, rapi, aman, dan lingkungan yang nyaman jika sampah dibuang di tempat sampah.


Jadi disini saya sebagai masyarakat yang peduli terhadap lingkungan mengimbau kepada seluruh masyarakat di Bumi ini untuk peduli terhadap lingkungan untuk menjaga kehidupan yang indah sampai masa yang akan mendatang dengan cara membuang sampah pada tempatnya.
Terimakasih sudah menyempatkan membaca, ajak orang lain untuk sadar terhadap lingkungan.

Mari menuju kehidupan yang lebih baik.

2 komentar:

  1. Yang benar --> mengIMBAU. Anda peduli lingkungan??? Okelah, tetapi Anda tidak pernah peduli dengan tugas-tugas wajib Anda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya benarkan pak. siap iya pak. maaf pak saya menyadari saya telah berbuat salah pak dan saya telah berniat untuk merubah kebisaan buruk saya menjadi lebih baik.

      Hapus